Senin, 12 Januari 2015

Pengertian Kolera

 Sekilas Tentang Kolera

Penyakit taun atau kolera (juga disebut Asiatic cholera) adalah penyakit menular di saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakterium Vibrio cholerae. Bakteri ini biasanya masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi oleh sanitasi yang tidak benar atau dengan memakan ikan yang tidak dimasak benar, terutama kerang. Gejalanya termasuk diare, perut keram, mual, muntah, dan dehidrasi. Kematian biasanya disebabkan oleh dehidrasi. Kalau dibiarkan tak terawat, maka penderita berisiko kematian tinggi. Perawatan dapat dilakukan dengan rehidrasi agresif "regimen", biasanya diberikan secara intravena secara berkelanjutan sampai diare berhenti.

PENYEBAB

Penyakit Kolera disebabkan oleh infeksi dari bakteri Vibrio cholera. Kuman Kolera ditularkan kepada orang lain melalui makanan atau minuman yang telah tercemar oleh kuman ini.

Bila jumlah bakteri Kolera mencapai 100 juta, maka bakteri ini dapat menyebabkan penyakit pada orang yang sehat. Anak-anak lebih peka pada penyakit ini, dan anak-anak dengan umur 2-4 tahun paling rentan terhadap penyakit Kolera ini. Secara individu, orang yang bergolongan darah O lebih peka terjangkit oleh penyakit ini.

Selain itu, orang yang menderita penyakit AIDS, anak-anak yang kekurangan gizi, orang yang berumur pertengahan lebih mudah terjangkit penyakit Kolera ini sehingga perlu mendapatkan pertolongan tenaga kesehatan dengan segera.

Pembuangan kotoran manusia dengan tepat dan pemurnian air minum merupakan tindakan yang sangat penting untuk mengatasi penyakit Kolera ini. Disarankan untuk minum air minum yang sudah direbus dan menghindari makan sayuran yang belum dimasak agar terhindar dari penyakit ini. Selain itu, pemberian vaksin Kolera pada daerah endemis sangat penting dan perlu terus dilakukan ulang setiap 6 bulan.

Gejala dan tanda kolera

Gejala dan tanda kolera adalah diare yang biasanya disertai dengan bintik-bintik putih (lendir dan sel epitel) yang seukuran beras. Volume diare bisa sangat tinggi yaitu bisa 10 sampai 18 liter selama 24 jam pada orang dewasa dengan 70 kg berat badan. Selain itu, biasanya disertai salah satu atau beberapa gejala berikut:
  • Muntah
  • Denyut nadi cepat
  • Hilangnya elastisitas kulit
  • Membran mukosa kering
  • Tekanan darah turun
  • Haus
  • Kram otot
  • Gelisah atau lekas marah (terutama pada anak-anak).
Ada yang lebih praktis ekonomis dan sangat mujarab untuk mengobati kolera yakni dari ace maxs obat herbal olahan dari kulit manggis plus daun sirsak. Selengkapnya>>Klik Di Sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar