Jumat, 02 Januari 2015

Anjuran Makanan Penderita Stroke

Anjuran Makanan Penderita Stroke- Stroke adalah serangan otak yang timbulnya mendadak akibat tersumbat atau pecahnya pembuluh darah otak. Dengan kata lain penyakit stroke ini merupakan penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) hal ini disebabkan karenakan adanya penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang dan menimbulkan serangkaian reaksi biokimia yang akan merusakkan atau mematikan sel-sel saraf otak.

Jumlah penderita stroke di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Pada akhir tahun 2012 lalu, sebuah lembaga mencatat telah terjadi sekitar 500.000 kasus penderita stroke dengan angka 12.500 orang meninggal akibat penyakit tersebut. Sementara sisanya mengalami cacat, baik ringan maupun berat. Karena itu pengobatan awal serta pencegahan menjadi perang penting dalam memerangi stroke.

Makanan Sehat Bagi Penderita Stroke

Dibawah ini kami paparkan kepada anda semuanya makanan yang baik atau anjuran bagi penderita stroke, simaklah baik-baik dan jangan lupa untuk dikerjakan ya.

1.Makanan Dari Buah-Buahan
Semua buah secara umumnya adalah baik bagi penderita stoke, karena buah-buahan mengandung serat yang mampu menurunkan kolesterol. Juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah pengendapan kolesterol. Namun ada beberapa buah yang lebih disarankan karena  mengandung beberapa zat yang terbukti dapat menurunkan hipertensi dan antherosklerosis lebih baik.

Buah pisang kaya potasium atau kalium yang berguna untuk mencegah dan membantu menurunkan tekanan darah. Peneliti dari Inggris dan Italia menyebutkan, mengonsumsi pisang tiga kali akan memberikan cukup kalium untuk mengurangi risiko menderita pembekuan darah di otak sekitar 21 persen. Seseorang dianjurkan mengonsumsi sekitar 2.300 mg potasium per hari.

Buah pepaya mengandung karparina yaitu suatu alkoloid yang berfungsi untuk mengurangi serangan jantung salah satu pemicu stroke. Sedangkan buah mentimun dan buah apel merah selain mengandung kalium tinggi, serat berupa pektin yang dimilikinya dapat menstabilkan tekanan darah.

Sedangkan buah belimbing, sama halnya dengan apel, buah ini kaya serat pektin dan kalium, namun rendah kandungan natriumnya sehingga sangat pas untuk penderita hipertensi. Buah semangka juga baik dikonsumsi penderita stroke karena tinggi akan lykopen dan kalium.

2.Makanan Dari Sayur-Sayuran
Untuk jenis sayur-sayuran yang disarankan bagi penderita stroke antara lain brokoli, bayam, tomat, kangkung, terong dan sawi karena kaya serat, vitamin dan mineral dan anti oksidan. Sayuran-sayuran ini juga mengandung asam folat serta vitamin B6 dan B12 sehingga mencegah peningkatan homosistein (kadar homosistein yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan stroke)

Jenis makanan lain seperti seledri bermanfaat menurunkan tekanan darah. Hasil studi  menunjukkan bahwa senyawa apigenin yang terdapat dalam seledri mampu menekan konsentrasi hormon stres sehingga pembuluh darah kembali melebar. Selain itu, seledri mengandung serat yang bisa menurunkan kolesterol dan memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Sayuran lain seperti wortel bermanfaat sebagai sumber antioksidan yang memperlambat proses penuaan. Wortel juga dianggap memiliki banyak kandungan pektin yang dapat menurunkan kolesterol dan memelihara kerusakan pembuluh darah.

Sedangkan pare dapat mengatasi penyakit stroke karena kandungan karatin dan vitamin C nya. Dan sari buah mengkudu berperan sebagai adaptogen yang menyeimbangkan fungsi sel-sel tubuh dan juga menormalkan fungsi otak.

3.Makanan Dari Jenis Ikan
Ikan digunakan sebagai pengganti lauk hewani berwarna merah. Ikan dikenal sebagai makanan kaya protein dengan kandungan lemak rendah. Beberapa ikan seperti salmon, tuna dan harring dikenal mengandung omega 3 dan omega 6 yang membantu melindungi jantung, meningkatkan HDL dan menurunkan LDL dalam darah.


Anda ingin sembuh dari penyakit stroke dengan alami tanpa operasi? Disini kami mempunyai solusi terbaik untuk anda mengatasi stroke cukup dengan mengkonsumsi Ace Maxs. Selengkapnya Klik Di Sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar